License

License not specified

Other Access

The information on this page (the dataset metadata) is also available in these formats.

JSON RDF

via the DKAN API

Data Extent

Analisis Pemberian Izin, Studi Kasus Pelalawan dan Siak

Konsep hutan tanaman industri pada dasarnya sejalan dengan konsep pengelolaan hutan secara berkelanjutan, karena hutan tanaman industri dikelola di atas lahan yang tidak produktif. Apalagi ada indikasi bahwa hutan tanaman industri di Riau dilaksanakan di kawasan hutan produksi.

Sesuai dengan peraturan pemerintah, kawasan yang diperbolehkan dijadikan perkebunan adalah kawasan hutan produksi konversi atau area penggunaan lain. Sementara HTI diberikan di kawasan hutan produksi tetap (hutan produksi). Ketika terdapat perkebunan dan HTI di luar kriteria tersebut, maka dikategorikan sebagai pelanggaran.

Selain itu, separuh dari wilayah daratan Provinsi Riau, merupakan lahan gambut. Kawasan gambut merupakan ekosistem basah yang unik dan rentan terjadi kerusakan, terutama apabila terjadi pengeringan. Untuk itu pemerintah sudah menetapkan kawasan gambut sebagai kawasan yang harus dilindungi (Keppres No. 32 Tahun 1990). Dalam Keppres tersebut dinyatakan, gambut dengan kedalaman lebih dari 3 meter dan yang berada di hulu sungai harus dilindungi. Penggaturan itu diperkuat lagi dengan PP No.71 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut.

Salah satu strategi nasional REDD+ terkait hal itu adalah melakukan penegakan hukum terhadap izin yang sudah diberikan dan melanggar ketentuan perundang-undangan sesuai dengan sanksi yang diatur dalam UU No.26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, UU No.31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi, UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, serta peraturan lain yang terkait .

Dataset Info

These fields are compatible with DCAT, an RDF vocabulary designed to facilitate interoperability between data catalogs published on the Web.
FieldValue
Publisher
Release Date
2015-06-12
Identifier
58e6b512-c088-4b6f-b835-98eaa8353e2a
Spatial / Geographical Coverage Area
Contact Name
Hutanriau
Contact Email
sekretariat@hutanriau.org
Public Access Level
Public
Instansi/Organisasi
Nomor Registrasi
Tanggal Terbit
Friday, June 12, 2015
Daerah/Wilayah

Data and Resources